Valentina Sagala

Rotua Valentina Sagala atau dikenal dengan nama Valentina Sagala adalah aktivis feminis, hukum dan hak asasi manusia (HAM) khususnya perempuan dan anak, juga penasehat/analis kebijakan dan hukum, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk gerakan demokrasi lebih dari dua puluh tahun lamanya.

Selain sebagai pendiri INSTITUT PEREMPUAN, sebuah organisasi feminis pertama di Bandung, Jawa Barat (1998), pernah menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan dan dosen tamu di berbagai universitas, Valentina adalah pendiri dan aktif di berbagai organisasi dan jaringan advokasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia juga  peneliti, kolumnis, penulis, penyair, dan editor.

Berbagai tulisannya tersebar di media massa cetak dan jurnal nasional maupun internasional. Telah menerima banyak penghargaan di tingkat nasional maupun internasional, saat ini selain sebagai anggota Peace Women Across the Globe (PWAG) Indonesia, ia adalah Dewan Pendiri SEPERTI PAGI Foundation, dan Co-founder dari Arts for Women Foundation. Ia dapat dihubungi di: : val77ina@yahoo.cominstitut_perempuan@yahoo.com, Facebook: Valentina Sagala, Twitter: @ValentSagala