Sindi Putri

Sindi Putri adalah aktivis HIV yang bekerja sebagai Petugas Advokasi dan Kebijakan di Indonesia AIDS Coalition (IAC) serta merupakan anggota UNAIDS Dialogue Platform untuk ODHA perempuan pada 2013.

Sindi Putri, bekerja di Indonesia AIDS Coalition (IAC) saat ini sebagai Koordinator Advokasi, Sindi bekerja di isu HIV sejak tahun 2011. Indonesia AIDS Coalition ( IAC ) adalah sebuah organisasi berbasis komunitas yang bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat dalam program AIDS. IAC secara khusus menekankan hak atas kesehatan, pendidikan, pekerjaan, penghidupan yang layak dan hak-hak anak.

Latar belakang pendidikan sedikit berkaitan dengan isu ini, ia lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan tahun 2006. Pernah bekerja di sebuah bank BUMN namun kemudian mendalami bekerja di isu HIV yang berkaitan dengan advokasi kebijakan. Dalam kegiatan sehari-harinya di Indonesia AIDS Coalition banyak bekerja untuk advokasi kebiijakan yang berkaitan dengan HIV.
Salah satu area fokus kerjanya berkaitan dengan isu Akses terhadap Obat. Ia banyak bekerja terhadap isu -isu yang berkaitan dengan akses terhadap obat yang memang menjadi salah satu permasalah utama di Indonesia, hal ini diawali dengan mahalnya harga obat HIV dan terbatasnya akses obat tersebut. Isu yang berkaitan dengan akses terhadap obat sangat penting untuk dibahas karena hal ini berkaitan dengan hak semua orang untuk sehat. Sejak tahun 2011, melihat pentingnya akses terhadap obat, Sindi secara otodidak mempelajari isu FTA, Paten, TRIPS Flexibilities dan semua hal yang berkaitan dengan isu ini. Di tahun 2015 – 2016 bersama dengan Koalisi Obat Murah yang sama-sama diinisiasi oleh IAC ┬ámendorong agar obat Hepatitis C versi generik Sofosbuvir untuk mendapatkan ijin edarnya, mengingat ada tiga juta pasien Hepatitis C di Indonesia yang membutuhkan obat ini. Pengalaman melakukan advokasi obat hepatitis C ini kemudian dibaginya di Harm Reduction International Conference, Montreal, Canada bulan Mei lalu.