Lily Pulu

Lily Pulu (Lipu) adalah seorang aktivis perempuan, dan saat ini sedang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Konsil LSM Indonesia. Sebelumnya, dia bekerja sebagai Technical Specialist selama 1,5 tahun (akhir 2014-2016) di Kinerja USAID, proyek kerjasama pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat untuk perbaikan tata kelola pemerintahan.

Lipu memulai karir sebagai aktivis sejak tahun 2000 di LBH Manado sebagai relawan yang bekerja mendampingi para korban kasus-kasus pidana maupun kasus perdata yang sifatnya struktural (berhadapan dengan pemerintah). Mulai tahun 2001 tepatnya, dia mulai tertarik melakukan advokasi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan selanjutnya bergabung di Swara Parangpuan Manado sebagai relawan selama 1,5 tahun.

Pada akhir tahun 2002, dia bergabung di KAPAL Perempuan sampai dengan tahun 2010. Pendalaman isu-isu Feminisme dimulai di sini selama lebih dari 8 tahun dengan mendalami isu feminisme, pluralisme, dan pendidikan alternatif. Isu-isu spesifik yang didalami mencakup gender dan pembangunan, gender dan bencana, gender dan Konsil, serta gender dan pluralisme.

Pada tahun 2011-2014, Lipu bergabung dengan Konsil LSM Indonesia untuk memperluas wawasan dan membawa diskursus feminism dalam diskursus akuntabilitas untuk CSO. Selama masa ini, dia telah terlibat memfasilitasi berbagai pelatihan dan workshop serta kegiatan lainnya terutama di isu gender, akuntabilitas LSM, public oversight, dan pluralism.

Lipu adalah lulusan Fakultas Hukum Unsrat Manado tahun 2000 dan pernah mengikuti summer school tentang Development and Pluralism di Bangalore, India, pada tahun 2008. Sejumlah training for trainer untuk penguatan keahlian juga telah dia ikuti yang terutama berfokus pada isu feminisme, pengawasan publik, kepemipinan, dan pluralisme.