Febriana Firdaus

Febriana adalah jurnalis lepas. Ia menekuni profesi jurnalis sejak 2007 setelah lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Surabaya.

Febriana Firdaus kelahiran Kalisat di Kabupaten Jember pada 1983. Pada 2007, Febriana lulus dari Universitas Airlangga, Surabaya, dan bekerja buat harian Jawa Pos, lantas lima tahun bekerja buat Tempo di Jakarta sampai 2014 termasuk ikut bagian investigasi Tempo.

Dia pindah ke multimedia Rappler, perusahaan asal Manila, cabang Jakarta. Pada Juni 2016, ketika meliput protes Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia terhadap seminar anti-pengungkapan tragedi 1965, Febriana diintimidasi segerombolan orang Front Pembela Islam.

Rappler dituduh pro-komunis maupun pro-LGBT. Febriana memutuskan mundur dari Rappler karena beda pendapat soal prosedur liputan 1965. Dia kini menulis freelance buat TIME, BBC, Jakarta Post, dan Vice serta ikut team redaksi blog Ingat 65.

Febro tertarik untuk menulis isu hak asasi manusia, korupsi, dan berbagai isu sosial lainnya. Misalnya pengungsi Rohingya di Aceh, Tenaga Kerja Indonesia, penggusuran di kota metropolitan Jakarta, liputan undercover seperti Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender, terorisme, dan Papua.